VIDEO GALERI

GREEN DAY - BASKET CASE [OFFICIAL MUSIC VIDEO] [VIDEO KOSONG]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE [OFFICIAL MUSIC VIDEO]" oleh Green Day dengan penjelasan:

Watch the official music video for Basket Case by Green Day from the album Dookie. ???? Subscribe to the channel: https://www.youtube.com/c/GreenDay/?sub_confirmation=1 Directed by Mark Kohr.….

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE [OFFICIAL MUSIC VIDEO]" diunggah oleh Green Day. Video ini merupakan urutan ke-71 (Tujuh puluh satu) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 339000871 (Tiga ratus tiga puluh sembilan juta delapan ratus tujuh puluh satu) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-0 (Kosong) dari artikel ini.

GREEN DAY - "BASKET CASE" | 2015 INDUCTION [VIDEO SATU]


Penjelasan video "GREEN DAY - "BASKET CASE" | 2015 INDUCTION" oleh Rock & Roll Hall of Fame dengan penjelasan:

Green Day perform "Basket Case" at the 2015 Rock & Roll Hall of Fame Induction Ceremony Looking for more Induction Ceremony memories from Green Day? Visit the band's official Hall of Fame online bio:….

Video berjudul "GREEN DAY - "BASKET CASE" | 2015 INDUCTION" diunggah oleh Rock & Roll Hall of Fame. Video ini merupakan urutan ke-72 (Tujuh puluh dua) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 15344129 (Lima belas juta tiga ratus empat puluh empat ribu seratus dua puluh sembilan) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-1 (Satu) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKET CASE (4-TRACK DEMO) [VIDEO DUA]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE (4-TRACK DEMO)" oleh Green Day dengan penjelasan:

"Basket Case (4-Track Demo)" from the Dookie 30 Super Deluxe out now: https://GreenDay.lnk.to/dookie A limited version of the Dookie 30 Super Deluxe Edition is available for pre-order now as a 6-LP….

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE (4-TRACK DEMO)" diunggah oleh Green Day. Video ini merupakan urutan ke-73 (Tujuh puluh tiga) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 284397 (Dua ratus delapan puluh empat ribu tiga ratus sembilan puluh tujuh) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-2 (Dua) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKET CASE (LYRICS) [VIDEO TIGA]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE (LYRICS)" oleh Infinite Music dengan penjelasan:

????Green Day - Basket Case (Lyrics) ???? Get Vinyl here: ➡️ https://amzn.to/45saYmz ???? Turn on notifications to stay updated with new uploads! ???? Green Day https://www.instagram.com/greenday….

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE (LYRICS)" diunggah oleh Infinite Music. Video ini merupakan urutan ke-74 (Tujuh puluh empat) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 17737 (Tujuh belas ribu tujuh ratus tiga puluh tujuh) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-3 (Tiga) dari artikel ini.

GREEN DAY “BASKET CASE” ON THE STERN SHOW (1997) [VIDEO EMPAT]


Penjelasan video "GREEN DAY “BASKET CASE” ON THE STERN SHOW (1997)" oleh The Howard Stern Show dengan penjelasan:

Green Day kicked off their 1997 appearance on the Stern Show with a performance of their hit song “Basket Case.” SUBSCRIBE for more videos: http://bit.ly/2qswmZU Want to know what's going on with….

Video berjudul "GREEN DAY “BASKET CASE” ON THE STERN SHOW (1997)" diunggah oleh The Howard Stern Show. Video ini merupakan urutan ke-75 (Tujuh puluh lima) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 591958 (Lima ratus sembilan puluh satu ribu sembilan ratus lima puluh delapan) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-4 (Empat) dari artikel ini.

GREEN DAY - "BASKET CASE" [LIVE HD] [VIDEO LIMA]


Penjelasan video "GREEN DAY - "BASKET CASE" [LIVE HD]" oleh GREEN DAY HDTV dengan penjelasan:

Live performance in tokyo #greenday #hellamegatour #rockinrio2022 #fdkedit.

Video berjudul "GREEN DAY - "BASKET CASE" [LIVE HD]" diunggah oleh GREEN DAY HDTV. Video ini merupakan urutan ke-76 (Tujuh puluh enam) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 85836 (Delapan puluh lima ribu delapan ratus tiga puluh enam) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-5 (Lima) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKET CASE (LIVE) [VIDEO ENAM]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE (LIVE)" oleh Manuela Bertolai dengan penjelasan:

Green Day playing Basket Case from their album 'Dookie' live at the Olympiahalle in Munich. Hope you enjoy :) © I DO NOT OWN ANYTHING, EVERYTHING BELONGS TO WARNER BROS. RECORDS AND GREEN DAY.

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE (LIVE)" diunggah oleh Manuela Bertolai. Video ini merupakan urutan ke-77 (Tujuh puluh tujuh) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 7369872 (Tujuh juta tiga ratus enam puluh sembilan ribu delapan ratus tujuh puluh dua) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-6 (Enam) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKET CASE [LIVE IN CHICAGO] 1994 [VIDEO TUJUH]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE [LIVE IN CHICAGO] 1994" oleh Wagner Sampaio dengan penjelasan:

Green Day Basket Case Do you have the time to listen to me whine About nothing and everything all at once I am one of those Melodramatic fools Neurotic to the bone No doubt about It Sometimes I give….

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE [LIVE IN CHICAGO] 1994" diunggah oleh Wagner Sampaio. Video ini merupakan urutan ke-78 (Tujuh puluh delapan) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 976167 (Sembilan ratus tujuh puluh enam ribu seratus enam puluh tujuh) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-7 (Tujuh) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKETCASE (LIVE AT KROQ) [VIDEO DELAPAN]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKETCASE (LIVE AT KROQ)" oleh Green Day dengan penjelasan:

Green Day live from the Red Bull Sound Space at KROQ.

Video berjudul "GREEN DAY - BASKETCASE (LIVE AT KROQ)" diunggah oleh Green Day. Video ini merupakan urutan ke-79 (Tujuh puluh sembilan) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 1839543 (Satu juta delapan ratus tiga puluh sembilan ribu lima ratus empat puluh tiga) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-8 (Delapan) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKET CASE/SHE (LIVE @ READING FESTIVAL 2004) [VIDEO SEMBILAN]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE/SHE (LIVE @ READING FESTIVAL 2004)" oleh Tavo None dengan penjelasan:

Green Day playing Basket Case and She at the Reading Festival 2004. Note: I'm not the owner of this video, I just uploaded it to share with Green Day fans. Lyrics: Do you have the time to listen to me….

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE/SHE (LIVE @ READING FESTIVAL 2004)" diunggah oleh Tavo None. Video ini merupakan urutan ke-80 (Delapan puluh) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 2106189 (Dua juta seratus enam ribu seratus delapan puluh sembilan) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-9 (Sembilan) dari artikel ini.

GREEN DAY - BASKET CASE - FIRST FRENCH TV SHOW !! ( NPA 20 OCT 1994 ) [VIDEO SEPULUH]


Penjelasan video "GREEN DAY - BASKET CASE - FIRST FRENCH TV SHOW !! ( NPA 20 OCT 1994 )" oleh USED TAPE dengan penjelasan:

.

Video berjudul "GREEN DAY - BASKET CASE - FIRST FRENCH TV SHOW !! ( NPA 20 OCT 1994 )" diunggah oleh USED TAPE. Video ini merupakan urutan ke-81 (Delapan puluh satu) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 2969674 (Dua juta sembilan ratus enam puluh sembilan ribu enam ratus tujuh puluh empat) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-10 (Sepuluh) dari artikel ini.

LIRIK GREEN DAY: BASKET CASE (DOOKIE)

Do you have the time
To listen to me whine
About nothing and everything all at once
I am one of those
Melodramatic fools
Neurotic to the bone
No doubt about it

Sometimes I give myself the creeps
Sometimes my mind plays tricks on me
It all keeps adding up
I think I'm cracking up
Am I just paranoid
Or am I just stoned

I went to a shrink
To analyze my dreams
She says it's lack of sex that's bringing me down
I went to a whore
He said my life's a bore
So quit my whining cause it's bringing her down

Sometimes I give myself the creeps
Sometimes my mind plays tricks on me
It all keeps adding up
I think I'm cracking up
Am I just paranoid
Or am I just stoned

Grasping to control
So I better hold on

Sometimes I give myself the creeps
Sometimes my mind plays tricks on me
It all keeps adding up
I think I'm cracking up
Am I just paranoid
Or am I just stoned?

PENJELASAN GREEN DAY: BASKET CASE (DOOKIE)

Lagu "Basket Case" adalah salah satu lagu yang terdapat dalam album Dookie dari band Green Day yang dirilis pada tanggal 1 Februari 1994. Lagu ini menempati urutan ketujuh dalam album tersebut dan menjadi salah satu lagu yang paling terkenal dari Green Day.

Lagu "Basket Case" menceritakan tentang ketidakstabilan emosional seseorang. Diketahui bahwa pada saat lagu ini ditulis, vokalis Green Day, Billie Joe Armstrong sedang menderita gangguan kecemasan dan serangan panik. Hal ini diungkapkan oleh Armstrong sendiri dalam sebuah wawancara, "Satu-satunya cara yang aku tahu untuk mengatasinya adalah dengan menulis lagu tentang hal itu."

Lirik dari lagu ini memang mencerminkan ketidakstabilan mental yang dialami oleh seseorang. Seperti pada bagian "Do you have the time to listen to me whine, about nothing and everything - all at once", yang artinya adalah apakah kamu punya waktu untuk mendengarkan aku mengeluh tentang hal-hal yang tidak penting dan sekaligus semuanya. Ini menunjukkan rasa kewalahan yang dirasakan oleh orang yang sedang mengalami masalah mental.

Selain itu, lagu ini juga menggambarkan keraguan diri dan kebingungan yang dialami. Seperti pada bagian "Am I just paranoid? Am I just stoned?" yang artinya adalah apakah aku hanya paranoid? Ataukah aku hanya mabuk? Hal ini menunjukkan ketidakpastian akan diri sendiri dan kebingungan dalam menghadapi masalah yang sedang dialami.

Tidak hanya itu, lagu "Basket Case" juga menunjukkan pertentangan dan ketidaksesuaian antara pikiran dan perasaan. Seperti pada bagian "I went to a whore, he said my life's a bore, and quit my whining 'cause it's bringing her down'", yang artinya adalah aku pergi ke seorang pelacur dan dia mengatakan kehidupanku membosankan, dan berhentilah mengeluh karena itu membuatnya stres. Ini menunjukkan adanya masalah dalam memilih orientasi seksual yang juga dapat menyebabkan kecemasan, keraguan, dan kurangnya kepercayaan diri.

Melalui lirik-liriknya, lagu ini juga menggambarkan masalah hubungan yang ditimbulkan oleh ketidakstabilan emosional seseorang. Seperti pada bagian "Do you have the time to listen to me whine..?", yang artinya adalah apakah kamu punya waktu untuk mendengarkan aku mengeluh..? Gangguan mental seringkali menjadi hal yang sangat menyita perhatian dan waktu seseorang sehingga hubungan dengan orang terdekat seperti pasangan, bisa terganggu.

Meskipun terdapat lirik yang terkesan lucu dan video klip yang sedikit kocak tentang institusi mental, lagu "Basket Case" sebenarnya memiliki makna yang lebih dalam. Lagu ini mencerminkan tekanan emosional yang besar akibat kerusakan kesehatan mental yang dialami oleh seseorang. Selain itu, lagu ini juga menyoroti masalah-masalah pribadi yang dapat menyebabkan ketidakstabilan emosional, seperti masalah seksual dan hubungan dengan orang terdekat.

Lagu "Basket Case" dari Green Day menduduki puncak tangga lagu US Billboard Alternative Songs selama lima minggu dan meraih nominasi Grammy Award dalam kategori Best Rock Vocal Performance oleh Duo atau Grup. US Billboard Alternative Songs merupakan tangga lagu yang mengukur popularitas lagu-lagu alternative rock di Amerika Serikat. Kategori Best Rock Vocal Performance oleh Duo atau Grup adalah salah satu kategori dari Grammy Awards yang diberikan kepada artis yang tampil dengan vokal rock terbaik oleh duo atau grup.

Video musik yang menyertai lagu "Basket Case" disutradarai oleh Mark Kohr. Video ini diambil di sebuah pusat perawatan mental yang sebenarnya bernama Agnews Developmental Center di Santa Clara County, California, atas permintaan anggota band. Pusat perawatan mental ini telah ditinggalkan, namun sebagian besar strukturnya masih dalam kondisi rusak. Anggota band menemukan berkas pasien tua, goresan dalam dinding, dan cetakan gigi yang berserakan. Video ini sering kali mengacu pada film One Flew Over the Cuckoo's Nest dan Brazil.

Video ini dinominasikan untuk sembilan MTV Video Music Awards pada tahun 1995: Video of the Year, Best Group Video, Best Metal/Hard Rock Video, Best Alternative Video, Breakthrough Video, Best Direction, Best Editing, Best Cinematography, dan Viewer's Choice Award. Namun, video ini tidak memenangkan nominasi yang diterimanya.

Video "Basket Case" kemudian dipublikasikan di saluran resmi YouTube Green Day pada bulan Oktober 2009. Hingga Juni 2023, video ini telah ditonton lebih dari 318 juta kali.

Pada tahun 2006, pada acara Mike Davies dan Zane Lowe's Lock Up Special di BBC Radio 1, para pendengar memilih "Basket Case" sebagai Lagu Punk Terbaik Sepanjang Masa. Pada tahun 2009, lagu ini dinobatkan sebagai lagu rock terbaik ke-33 sepanjang masa oleh VH1. Pada tahun 2021, majalah Kerrang menempatkan lagu ini pada posisi ketiga dalam daftar 20 lagu terbaik dari Green Day. Sementara itu, majalah Rolling Stone menempatkan lagu ini pada posisi ke-150 dalam daftar "500 Greatest Songs of All Time" pada tahun yang sama. Pada tahun 2022, majalah American Songwriter menempatkan "Basket Case" pada posisi kedua dalam daftar 10 lagu terbaik dari Green Day.

Hingga Maret 2023, "Basket Case" merupakan lagu yang paling banyak didengarkan oleh band ini di platform musik Spotify (tidak termasuk remix dan versi alternatif), dengan lebih dari 926 juta streaming.

Lagu Basket Case adalah salah satu lagu yang terdapat dalam album Dookie dari Green Day. Album ini merupakan debut Green Day di bawah label besar dan merupakan album terlaris mereka yang telah terjual lebih dari 10 juta kopi hanya di Amerika Serikat. Durasi total album Dookie adalah sekitar 39 menit dan 38 detik.

Album ini sebenarnya direncanakan untuk diberi judul "Liquid Dookie", namun akhirnya diubah karena dinilai terlalu menjijikkan. Album ini berhasil mencapai puncak Billboard 200 di posisi nomor 2 dan bertahan selama 116 minggu di tangga lagu tersebut. Billboard 200 adalah tangga lagu yang memeringkatkan penjualan album secara mingguan di Amerika Serikat.

Pada tanggal 8 Februari 1999, album Dookie menerima sertifikasi 10x Platinum dari RIAA (Recording Industry Association of America) yang menunjukkan bahwa album ini telah terjual lebih dari 10 juta kopi di Amerika Serikat. Album ini direkam di Fantasy Studios dan dirilis oleh label Reprise Records.

Desain sampul album Dookie dibuat oleh Ritchie Bucher dan seniman grafis lainnya seperti Pat Hynes yang merancang artwork untuk booklet album dan Ken Schles yang mengambil foto-foto untuk album ini. 

Album Dookie diproduksi oleh Rob Cavallo dan Green Day sendiri. Mereka juga bekerja sama dengan insinyur Neill King dan Casey McCrankin untuk merekam album ini. Sedangkan proses pencampuran (mixing) dilakukan oleh Jerry Finn.

Album ini direkam dalam waktu tiga minggu, tepatnya antara September dan Oktober 1993. Pada tahun yang sama, Green Day meraih penghargaan Grammy untuk kategori Best Alternative Music Performance untuk album Dookie dan dinominasikan sebagai Best New Artist. Selain itu, lagu Basket Case, Longview, dan Green Day juga mendapat nominasi untuk kategori Best Rock Performance dan Best Hard Rock Performance.

Pada tahun 2023, untuk merayakan 30 tahun album Dookie, Green Day merilis edisi spesial dengan tambahan lagu demo dan rekaman yang tidak masuk dalam album. Selain itu, album ini juga menampilkan nama-nama produser seperti Rob Cavallo dan Green Day.

Green Day sendiri terdiri dari tiga anggota yaitu Billie Joe Armstrong (vokal dan gitar), Mike Dirnt (bass), dan Tré Cool (drum). Mereka menjelaskan bahwa lagu-lagu dalam album Dookie terinspirasi dari pengalaman hidup mereka di lingkungan pinggiran kota yang penuh dengan kekacauan dan kebosanan.

Green Day sendiri telah terbentuk sejak 1986 dan telah merilis banyak album sebelum Dookie, namun album ini yang menandakan keberhasilan mereka di industri musik. Dengan lagu-lagu yang bercerita tentang kehidupan remaja dan kecemasan, album ini menjadi sangat populer di kalangan anak muda.

"Weird Al" Yankovic menggunakan lagu "Basket Case" dalam medley polka-nya yang dirilis pada tahun 1996 berjudul "Alternative Polka" dari album Bad Hair Day. Pada Agustus 2017, band asal Inggris, Bastille merilis versi dari lagu ini untuk serial televisi The Tick yang dibintangi oleh Peter Serafinowicz. Lagu ini juga pernah di-cover dan dirilis sebagai singel promosi oleh Avril Lavigne, yang menampilkan lagu ini dalam tur pertamanya sebagai artis utama, Try to Shut Me Up Tour.

Secara keseluruhan, lagu "Basket Case" dari Green Day adalah sebuah lagu yang sangat menggambarkan tentang ketidakstabilan emosional dan masalah-masalah yang dapat menyebabkannya. 

Terlepas dari kontroversi yang mungkin terjadi akibat judul album dan sampulnya yang terkesan vulgar, album Dookie tetap dianggap sebagai salah satu album punk rock terbaik sepanjang masa. Lagu Basket Case sendiri menjadi salah satu lagu hits Green Day yang masih populer hingga saat ini.

Dengan kesuksesan album Dookie, Green Day memperkenalkan musik punk rock ke seluruh dunia dan berhasil memenangkan hati para penggemar musik dari berbagai usia. Album ini juga menjadi tonggak awal dari kesuksesan Green Day di industri musik yang telah berlangsung selama lebih dari tiga dekade.

BERITA SWANTE ADI KRISNA, S.H. TERBANYAK DIBACA

About the Author

Collaborator & Editor

Website Programmer, Graphic Designer, Content Writer, Jamaican Music Enthusiast, Sarjana Hukum Pidana dan Bagian Keluarga Besar ROKUM KEMHAN.

View All Articles